Tradisi Idul Fitri atau Lebaran Masyarakat Indonesia

Idul Fitri atau biasa disebut dengan lebaran adalah salah satu moment paling membahagiakan bagi umat muslim dimana setelah berjuang melaksanakan ibadah puasa ramadhan, umat muslim berada dalam keadan fitrahnya. Terdapat beragam tradisi lebaran setiap masyarakat umat muslim di penjuru dunia yang berbeda-beda. Berikut ini adalah tradisi lebaran masyarakat Indonesia yang tidak ditemukan pada masyarakat lain:

1. Takbiran dengan beragam kesenian

Malam idul fitri dilaksanakan dengan melakukan takbir di sepanjang malam. Namun terdapat sesuatu yang unik pada masyarakat Indonesia sebab takbiran dilaksanakan dengan beragam kesenian seperti menabuh bedug dan juga berkeliling dengan menampilkan hasil kesenian berupa ornamen-ornamen bernuansa Idul Fitri.

2. Bersilaturahmi pada tetangga

Setelah umat muslim kembali suci maka ada baiknya semua saling memaafkan dengan melakukan silaturahmi. Umumnya pada masyarakat muslim dunia silaturahmi hanya dilakukan dengan keluarga, namun pada masyarakat Indonesia silatrahmi dilkukan kepada para tetangga dengan saling berkunjung satu sama lain.

3. Membuat kue lebaran
Tradisi Kue Lebaran
Tidak lengkap bila acara silaturahmi antar keluarga dan tetangga tidak dilengkapi dengan  hidangan kue lebaran. Dengan demikian masyarakat muslim Indonesia sebelum datangnya lebaran berlomba-lomba membuat hidangan kue lebaran.

0 Response to "Tradisi Idul Fitri atau Lebaran Masyarakat Indonesia"

Post a Comment