Ayam Birma Asli Bertelur Biru ( Hijau ) ?

Kepopuleran ayam aduan memang tidak akan pernah ada habisnya. Terlebih lagi banyaknya ayam-ayam aduan selain dari Bangkok (Thailand) yang mulai marak di Indonesia, seperti ayam Birma atau Burma. Namun nampaknya sulit untuk membedakan mana ayam asli birma dan mana ayam birma palsu atau birma yang sudah silangan. Bahkan muncul pula mitos bahwa ayam asli birma adalah yang bertelur biru atau hijau. Sehingga banyak botoh-botoh yang mencari ayam birma dengan telur berwarna biru atau hijau. Tapi apakah benar demikian?. Faktanya warna telur pada ayam banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pakan dan kelainan genetik. Bahkan di Birma sekalipun ayam-ayam aduan asli birma miliki bervariasi warna telur sperti putih, coklat, hijau dan juga biru. Bahkan kenyataannya ayam-ayam bangkok Thailand pun juga banyak yang memiliki telur yang berwana biru hijau bahkan coklat. Sehingga rumor bahwa ayam birma asli hanya yang berwarna biru atau hijau hanyalah mitos belaka.

Ayam Birma Telur Hijau atau Biru

Jadi mulai sekarang anda harus hati-hati jangan mudah percaya terhadap pedagang yang menjual ayam birma asli dengan berdalih memperlihatkan warna biru telurnya. Namun yang jelas tidak ada ada korelasi antara warna telur ayam dengan kualitas ayam tetasannya. Kualitas ayam lebih dominan pada kualitas babon dan pejantan, perawatan serta pakan yang diberikan.


4 Responses to "Ayam Birma Asli Bertelur Biru ( Hijau ) ?"

  1. Terima Kasih artikelnya min ... Jadi sedikit terbuka wawasan anee :)

    Salama Satu Hobi ! Ayam birma Memang yang Terbaik !

    ReplyDelete
  2. Jdi ksimpulan ayam brma asli ato silangn gmna y jd bngg💆💆

    ReplyDelete
  3. Beli ayam betina katanya Bangkok. Pas dikawinin dg Bangkok ! ternyata telurnya biru. Jadi bingung deh ! Ayam Birma atau ayam Bangkok kelainan genetik.

    ReplyDelete
  4. Cara Merawat Ayam Bangkok Agar Tidak Mudah Sakit Tidaklah mudah. Kunci kesuksesan dalam memelihara ayam aduan seperti ayam bangkok yang harus teman-teman terapkan paling utama adalah kesabaran dan konsisten. Kedua hal tersebut merupakan sesuatu yang paling sulit di terapkan kebanyakan peternak apalagi para pemula yang baru terjun dalam hobi ayam, Simak Selengkapnya di Blog Botoh pemainayam : Kunjungi : https://pemainayam.vip/cara-merawat-ayam-bangkok-aduan-agar-tidak-mudah-sakit/

    ReplyDelete